Sejuta Manfaat Buah Naga

Kamis, 10 Juni 2010 ·


Buah yang satu ini disebut buah naga, mungkin karena memiliki sisik yang mengingatkan orang pada naga. Merupakan jenis kaktus, berasal dari Meksiko, Amerika Selatan. Buah ini ditanam secara komersial di Vietnam dan Australia. Sering digunakan dalam acara imlek untuk persembahan pada dewa-dewa. Isi buahnya berwarna putih, merah, atau ungu dengan taburan biji-biji yang berwarna hitam yang boleh dimakan. Tekstur isinya seperti isi tembikai, dan rasanya seperti buah kiwi. Ciri-ciri unik inilah yang menjadikan buah naga amat sesuai dijadikan ramuan dalam salad buah-buahan.

Setiap negara mempunyai sebutan yang berbeda terhadap buah ini, misal :
Feuy Long Kwa (Cina),
Thanh Long atau Clever Dragon (Vietnam),
Kaew Mangkorn (Thailand),
Shien Mie Kuo (Taiwan),
Pitahaya (Mexico),
Melano (Hawai),
Rhino Fruit (Australia). Sedangkan secara internasional buah disebut Dragon Fruit.
Buah Naga, Kaktus Manis, Kaktus Madu ( Indonesia )

Yang paling banyak diminati adalah buah naga yang kulitnya berwarna merah. Buah ini mengandung 80% air, vitamin c, serat, kalsium, zat besi, dan fosforus yang bermanfaat untuk merawat penyakit darah tinggi. Kasiat buah naga :
1. mujarab menurunkan kolesterol
2. Untuk penyeimbang kadar gula darah, pencegah kanker, pelindung kesehatan mulut
3. pencegah pendarahan, dan obat keluhan keputihan.
4. mencegah kanker usus, menguatkan fungsi ginjal dan tulang, menguatkan daya kerja otak, meningkatkan ketajaman mata, serta sebagai bahan kosmetik.
5. Mengobati sembelit, Mengobati Hypertensi, Memperhalus kulit wajah
Saat ini Vietnam dan Thailand merupakan pemasok buah naga terbesar di dunia. Namun permintaan yang bisa dipenuhi baru 50 % saja. Sementara di pasar lokal, kendati masih sedikit, buah naga lokal juga sanggup bersaing dengan buah naga impor.

0 komentar:

About this blog

Ribuan Mil langkah yang sudah kita lewati, diawali dari satu langkah

Site Sponsors