Manfaat Pinang Merah

Kamis, 02 September 2010 ·

Pinang merah yang memiliki nama latin Areca vestiara, termasuk ke dalam jenis tanaman palem. Tanaman ini memang lebih dikenal sebagai tanaman hias. Mungkin karena tanaman ini memiliki dahan yang rindang dan batang yang berwarna merah menyala.

Pinang merah biasa tumbuh di tanah vulkanik yang memiliki drainase yang baik pada ketinggian antara 300-1200 M di atas permukaan laut.

Pinang merah terdiri atas daun pinang yang berbentuk menyirip dengan panjang sekitar 80 m. Bunga yang terdapat di bawah pelepah daun berbentuk seperti mahkota saat mekar. Sementara buahnya berbentuk bulat dan lonjong, tumbuh secara bergerombol dengan jumlah sekitar 25-300 buah.

Manfaat Pinang Merah

Di daerah asalnya di Sulawesi Utara dan pulau-pulau di bagian utara Maluku Utara, pinang merah di gunakan sebagai tanaman obat. Tanaman ini sangat berkhasiat untuk obat kencing manis, obat cacing untuk hewan ternak, antioksidan dan obat kontrasepsi bagi laki-laki.

Di dalam pinang merah terdapat ekstrak biji yang mengandung flavonoid, tannin, triter penoida, saponin dan hidrokuinon yang berkhasiat sebagai alat kontrasepsi laki-laki. Kandungan senyawa ini mampu menurunkan daya hidup sperma sehingga sperma tidak dapat mencapai sel telur dan pembuahan dapat dicegah.

Selain itu, pemberian ekstrak biji pinang merah juga dapat meningkatkan jumlah sperma, dimana terdapat dominasi sperma yang tidak memiliki ekor dan kepala. Bentuk yang tidak normal ini akan menyebabkan kesulitan dan kegagalan dalam pembuahan.

Efek kontasepsi sendiri bersifat reversibel sehingga bila laki-laki yang bersangkutan berkeinginan untuk mendapatkan keturunan lagi, maka pemakaian obat tradisional biji merah dapat di hentikan.

Walalupun mungkin masih harus dilakukan penelitian lanjutan mengenai dosis dan cara pengolahannya, tetapi pinang merah bisa menjadi alternatif kontrasepsi baru yang aman dan nyaman bagi laki-laki.

0 komentar:

About this blog

Ribuan Mil langkah yang sudah kita lewati, diawali dari satu langkah

Site Sponsors