Tips Mengatasi Kejenuhan dalam Pekerjaan

Kamis, 07 Oktober 2010 ·


Akhir-akhir ini aku merasakan kejenuhan dalam pekerjaanku, rasa bosan selalu datang dalam otakku, selalu muncul fikiran untuk resign dari pekerjaan, hanya keluarga yang selalu mensupport agar aq mempertahankan pekerjaanku, dalam hal pekerjaan mungkin tidak ada masalah, karena pekerjaanku hanya mengkoordinir pekerjaan teman-teman, tidak ada pekerjaan rutin yang harus aq lakukan setiap hari, tapi kenapa rasa bosan selalu muncul..?? apakah karena itu berarti aq tidak suka sesuatu yang monoton?

Aq rasa pekerjaanku juga tidak monoton, karena di kantor ada fasilitas internet yang bisa aq gunakan 24 jam, dan memang hari-hariku di kantor lebih banyak aq habisakan untuk searching di internet, untuk menambah pengetahuan yang bermanfaat, seperti belajar blogging, belajar SEO, Adsense dll.

pada akhirnya aq juga coba untuk mencari- cari Tips Mengatasi Kejenuhan dalam Pekerjaan, tetapi semuanya kembali pada diri kita, yang terpenting menurutku adalah menemukan titik-titik kejenuhan itu sendiri dan solve it. berikut tips2 nya :

  • Pertama, lakukanlah aktivitas sesuai dengan hobi kita. Mungkin kita tidak dapat mengubah jenis pekerjaan kita dan selama dalam waktu bekerja, tidak ada hal lain yang dapat kita lakukan. Di luar jam kerja, lakukanlah hal-hal yang menyenangkan hati. Ini dapat menetralisir kejenuhan. Ingat, pada akhirnya kejenuhan kerja berdampak luas dan berubah menjadi kejenuhan hidup. Itu sebabnya kita perlu menambahkan aktivitas yang menggembirakan hati ke dalam jadwal kehidupan kita.
  • Kedua, di tempat pekerjaan, bangunlah relasi dengan mitra kerja. Relasi yang sehat akan mengurangi keengganan kita melakukan pekerjaan yang tidak kita sukai. Setiap hari kita mungkin kehilangan semangat untuk masuk kerja, tetapi kita masih tetap dapat bersemangat bertemu dengan rekan-rekan yang menjadi sahabat.
  • Ketiga, perbaikilah kondisi fisik kerja dengan hal-hal kecil. Misalkan, taruhlah foto keluarga di meja, gantunglah lukisan alam yang menyejukkan, buatlah kopi di pagi hari dan cokelat hangat di waktu siang. Dengan kata lain, perindahlah ruang gerak dan ruang pandang kita.
  • Keempat, sedapatnya berilah sumbangsih nyata kepada atasan kita. Jangan paksakan pendapat, berilah masukan dalam bentuk alternatif untuk dipertimbangkan.
  • Kelima, persiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan yang kita idamkan. Kita bisa meningkatkan keterampilan khusus atau mempelajari dunia pekerjaan yang baru itu.
  • Keenam, jangan pernah kesampingkan kemungkinan membuka usaha sendiri. Cukup banyak pengusaha yang tadinya bekerja untuk orang lain.
  • Ketujuh, jangan tinggalkan pekerjaan yang ada sebelum ada jaminan keberhasilan usaha sendiri. Mulailah secara bertahap kendati ini menuntut waktu ekstra. Bersabarlah dan gunakanlah perhitungan yang matang.
Semoga tips2 di atas bisa mengubah kejenuhan kita, atau paling tidak sebagai obat. sembuh atau enggak, no body knows...

1 komentar:

penyakit luka diabetes gangren mengatakan...
28 Agustus 2012 13.28  

terima kasih tips nya...

About this blog

Ribuan Mil langkah yang sudah kita lewati, diawali dari satu langkah

Site Sponsors